Saturday, December 22, 2012

PLC / Programable Logic Control


 Apa itu PLC, bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi mengenai kata tersebut tapi disini akan coba saya uraikan arti dan pengertian PLC. PLC adalah suatu alat yang dapat diprogram sesuai dengan step kerja mesin yang diperlukan, alat ini mirip seperti komputer yaitu ada tiga bagian utama yaitu masukan, cpu/processor, dan keluaran.

. Secara etimologi PLC kepanjangan dari Programable Logic Control artinya kontrol logika yang dapat diprogram ulang, program yang diisikan kepadanya berupa program ladder atau urut-urutan kerja mesin sehingga mesin dapat bekerja secara otomatis. Keunggulan dari PLC ini yaitu alat ini mampu melakukan tugas mesin yang rumit sekalipun dengan akurasi control yang baik sekali.

. Adapun bagian masukan dari PLC ini terhubung ke sensor, tombol/saklar, selektor, dll kemudian, bagian keluaran ( output ) PLC bisa terhubung ke relay, lampu indikator, magnetic kontaktor, solenoid valve dll. PLC mempunyai terminal-terminal koneksi pada bagian masukan dan keluaran untuk memudahkan pada saat pengabelan atau wiring.

Pada kenyataanya ada banyak type dan merek PLC yang ada di industri pada umumnya, misalnya Mitsubishi, Hitachi, AB (allen bradlley), omron, siemen dan masih banyak lagi, masing-masing dari merek tersebut mempunyai kelebihan dan keunggulannya yang berbeda.

Umumnya PLC mempunyai tegangan kerja antara 100-200VAC untuk menggerakan seluruh komponen yang ada didalamnya, kemudian pada CPU nya mempunyai memori untuk menyimpan program/ladder, yang setiap memorinya mempunyai kapasitas yang berbeda-beda.

Kelebihan PLC.

1. Cara pengoperasiaannya mudah.
2. Bentuknya sederhana/kecil tidak banyak memakan tempat.
3. effective dan efisien.
4. Saat terjadi masalah dengan mesin, cepat diketahui.
5. Mudah dimonitor.
6. Mudah perawatannya.
7. Pemakaian daya rendah, sebab bisa mengurangi pemakaian relay.
8. dan masih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment